Friday 8 January 2010

Suasana Jogja..

Originally dated June 05, 2008

Mison.. Mison.. Akua Mison..
Lantingnya, mas.. Lanting..
Nasi ayam panas.. Masih baru..
Pop Mie.. Kopi panas.. Pop Mie..

Suara-suara itu terus menghantui AING yang mau nyoba buat tidur, tapi gak bisa dan makin gak bisa karena ini adalah perjalanan AING menuju Jogja naek kereta SENDIRIAN!
Logat dan aksen para penjual dagangan itu membuat AING yakin kalo kereta sudah keluar dari tanah Pasundan.. Ini AING sebut sebagai teori JS, yang menyebutkan bahwa bila si penjual masih bilang "mijon.. mijon..", berarti masih berada ditanah jajahan Kerajaan Padjadjaran, namun apabila si penjual sudah menyebut "mison.. mison..", berarti ada kemungkinan kita sudah memasuki lingkaran Srimulat..

Yeah! Weekend kemaren AING abisin di Jogja.. Bukan untuk hura-hura, bukan untuk foya-foya (karena puguh mah duit juga minim), dan sangat bukan juga untuk mencari jodoh.. Bukan!! Sama sekali bukan!!
AING ke jogja dalam rangka kegiatan dinas, macam "mereka" itu laah, urusan dinas plus-plus namanya, urusan dinasnya 2 hari, urusan pikniknya 3 bulan.. Kagok Edan mungkin ya??

AING nyampe Stasion Tugu sekiar jam 4-an laah, disana udah ada 2 orang yang menjemput, mereka nampak tak asing lagi.. Siapakah mereka? Oh iya, AING baru ingat, mereka adalah tetangga AING semua.. Witt dan Mr. Rebel.. Sedang apa mereka di sana ya? BUKAN URUSAN KALIAN JUGA!!

Sampe di kosan Mr. Rebel, AING ngeliat ada sebuah print-out berisi nama-nama tempat yang akan di kunjungin, dengan judul Tour de Jogja.. Namun ada yang ganjil disitu, beberapa point sudah dicoret, diantaranya adalah Pasar Kembang.. Kenapa kita batal untuk mengunjungi Pasar Kembang? Apakah kita dilarang untuk membeli kembang disana? Atau kembang yang diual disana adalah kembang keramat? heheh..
Tak apalah, yang penting AING istirahat dulu, karena siang hari nanti, kita akan mulai tour..

Siang menjelang sore, kita bertiga ditambah 2 orang cewe, Titta, cewenya arlan, dan temannya, Eka, anak filsafat UGM asal Balikpapan..
Abis makan siang nasi padang, kita naek turun bus dan Trans Jogja (semacam Busway tapi kecil), menyelesaikan beberapa urusan dinas tadi, lalu sampailah kita ke malioboro, bukan untuk membeli oleh-oleh, tapi apa coba? apa hayo? tebak.. ah gak mau ah.. tebak dulu.. iya, ntar dikasi tau.. tapi tebak dulu mah..

Ya udin, kita ke malioboro ternyata ke markasnya Zordon.. Iya, Zordon yang botak itu, majikannya si Alpha.. Kita kesana karena kita akan beruah menjadi POWER RANGER!! Ditugaskan untuk patroli keamanan keliling kota, berlima, dan naek Sepeda Ontel.. Tapi kalo dipikir lebih dalam, kita malah lebih mirip reuni keluarga cucu-cucunya Oemar Bakrie.. oh iya, tarif kami paling murah loh talktimenya, hanya seribu sejam, itu juga kalo ngga call dropped.. wew!!
Terserah laah.. Yang jelas, kita keliling dari tempat gaul anak-anak sana, tempat-tempat komunitas berkumpul, termasuk pameran Lomografi, sampe ke alun-alun selatan tempat orang-orang penasaran mencoba menembus pohon beringin tapi gak bisa-bisa..

Sampe malem, kita masih dalam rangka genjot-menggenjot ontel tempur, sampe ke bioskop mini yang suka menyetel film-film indie yang kali ini hanya menyetel konser Pink Floyd taun 1994.. Karena sepi, kita pun terus memburu keramaian, dan karena malem minggu, maka banyak konser-konser mini di pinggir jalan, jalanan padat tapi ngga macet, karena mungkin tidak terlalu banyak mobil Plat-B dan sama sekali gak ada angkot.. 2 tokoh utama kemacetan di Bandung.. heheh..
Karena kita naek sepeda, dan walaupun sudah dinobatkan jadi Power Ranger, tapi kita juga lapar.. tapi karena kita adalah superhero, maka makanannya pun gak boleh yang biasa.. Gak bole makan nasi manusia, maka kami makan nasi kucing.. Dan agar tidak mengantuk, kami minum kopi hitam, sehitam arang, biar gak kagok, kita kasih aja arang kedalam kopinya.. Kopi pake cinnamon (kayu manis) itu enak, tapi kopi pake cinnakar (kayu bakar) itu paling mantaF!

Cuaca di jogja kalo siang itu panas ngabelentrang, klao kata Fahri mah seperti membakar ubun-ubun kepala cenah.. Tapi kalo malem, sangat dingin, kalo kata Fahri lagi, seperti masukin ubun-ubun kepala de dalam freezer dan awet bertahan sampe 3 minggu ngga basi loh!
Tapi AING ngerasa dingin pisan malam itu, AING kira Lembang buka cabang juga di Jogja, tapi ternyata setelah di diagnosa sama Titta, ternyata AING demam.. DAMN!

Maka dari itu, AING ampir gak bisa bangun selama seharian penuh, lebih malah.. Karena sakit di kepala yang tak tertahankan, hingga muncul dugaan geger otak waktu jatuh di Tasik ketika Offroad, sampe kena pelet anaknya abdi dalem.. Laah.. yang jelas mah AING tumbeng aja, jadi jadwal balik terpaksa diundur..
AING juga gak ngerti, kenapa AING yang ampir gak pernah sakit, mendadak sakit di jogja.. Bukan apa-apa, era euy.. Karena bermacam obat pemberian Titta gak mempan, maka AING ke dokter aja laah, lagian udah lama pisan gak ke dokter, tung-itung mengingat sosok yang namanya dokter itu seperti apa, dan apa fungsinya bagi kehidupan manusia..

Karena pusing, maka AING juga percepat aja cerita ini.. pokonya Senen malem balik, Selasa pagi udah nyampe rumah lagi.. Rabu ngetik ini.. Kamis nge-publish..

Udah weh!

Oh iya, AING mau mengucapakan SELAMAT bagi pemenang lomba..
Anda mendapatkan hadiah yang banyak sekali, bung!
Anda dapet sebuah motor, tapi sebagai DP, STNK nya aja dulu ya.. Kalo dalam seminggu motor tidak diambil kerumah, maka mungkin AING sudah punya STNK yang baru!
Anda dapet beberapa foto AING, lumayan buat koleksi anak perawan anda.. Kalo belun punya anak, berikanlah pada pacar anda, bilang aja bahwa itu adalah anda waktu muda.. sangat tampan, bukan!
Anda dapat kartu mahasiswa UNPAD, dengan itu anda bisa mengaku sebagai mahasiswa perguruan tinggi ternama di kota Bandung..
Anda dapet beberapa kartu terbitan Bank yang kebetulan dudah diblokir.. tapi lumayan lah buat gantungan kunci..
Anda juga dapet kartu SIM A dan SIM c, entah laah buat apa.. terserah!!
Selain itu juga, sebagai bonus, anda dapet sejumlah uang yang cukup buat makan selama 3 kali reinkarnasi kehidupan anda..
EXTRA BONUS! Anda juga dapet pick gitar yang pernah dipake manggung oleh artis ternama, beberapa kartu nama, dan beberapa lembar kertas ngga penting!

POKONYA SELAMAT LAAH!!

2 comments:

Anonymous said...

Ouh ke jogja lu? Masa sih..ah boong ah..boong kan..apa boong..kayaknya sih boong..pasti boong deh...
Dasar pemboong....heuheu (jothi)

decAy Alexandre said...

Benga jothi! lu liat tanggal aslinya itu!

lagian ngapain anoymous kalo masi pengen eksis nulis nama? klik yang name/URL aja atuh..